jendela

Senin, 05 Agustus 2013

Metode Penelitian Kualitatif by Lexy J. Moleong

ISBN: 979-514-051-5
Penerbit: Remaja Rosda Karya, Bandung, 1993
Kolasi: xvii+253 hlm.; 24 x 15,5 cm.; Cet.4

harga: 35.000
call/sms: 08995462164

Sejatinya sebuah penelitian adalah untuk menemukan kebenaran. Kebenaran yang bukan dibenar-benarkan, tapi kebenaran yang memang benar-benar, benar. Karena kebenaran itulah yang akan dijadikan landasan bertindak. Bukan atas dasar asumsi. Untuk mendapatkan kebenaran, mestinya suatu penelitian dilandasi kaidah-kaidah yang baik agar hasilnya dapat dipercaya. Buku ini disajikan secara gamblang, mulai dari perencanaan penelitian hingga menyajikan hasilnya pada publik. Setiap tahap dalam penelitian diuraikan di sini, bukan saja komprehensif tapi juga operasional.
Buku ini membahas tentang :
Fundasi Penelitian Kualitatif, meliputi :  Konsep dasar penelitian kualitatif, Karakteristik penelitian kualitatif, Dasar teoritis penelitian kualitatif, Perbedaan penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif, Beberapa pertanyaan umum tentang penelitian kualitatif.
Paradigma penelitian kualitatif, penyusunan teori, dan persoalan generalisasi, kausalitas, emil-etik, meliputi : Paradigma penelitian kualitatif, Beberapa segi suatu teori, Penyusunan teori (theory geration), Beberapa persoalan yang berkaitan dengan teori
Perumusan masalah dalam penelitian kualitatif, meliputi : Pembatasan masalah studi melalui fokus, Model perumusan masalah, Analisis perumusan masalah, Prinsip-prinsip perumusan masalah.
Tahap-tahap Penelitian, meliputi : Tahap pralapang, Tahap pekerjaan lapangan, Tahap analisis data.
Teknik Penelitian, meliputi : Sumber dan jenis data, Peranan manusia sebagai instrumen penelitian dan pengamatan berperanserta, Pengamatan, Wawancara, Catatan lapangan, Penggunaan dokumen, Sampling dan satuan kajian (Unit of Analysis)
Kriteria dan teknik pemeriksaan keabsahan data : Alasan dan acuan,  Kriteria keabsahan data, Teknik pemeriksaan keabsahan data.
Analisis dan penafsiran data : Pemrosesan satuan (unityzing), Kategorisasi,  Penafsiran data.
Penulisan Laporan hasil penelitian : Fungsi, jenis dan bentuk laporan hasil penelitian, Kerangka dan isi laporan, Teknik dan strategi pelulisan laporan, Penelaahan hasil penulisan
Rancangan Penelitian : Pengertian rancangan penelitian, Unsur-unsur rancangan penelitian, Rancangan penelitian alamiah dan kedudukan paradigma, Kerangka rancangan penelitian

Tidak ada komentar: