jendela

Kamis, 01 Agustus 2013

Pendidikan Liberal Berbasis Sekolah

Penulis: Stevan M. Chan
Harga: Rp.30.000,-
Penerbit/Tahun: LKPM Kreasi Wacana/2002
Halaman: 149 Hal.
call/sms: 08995462164

Bagian pertama buku ini berbicara tentang dialektika demokrasi (platonis vs populis) dalam pendidikan liberal. Kemudian dilankutkan pada bagian kedua yang berbicara tentang seni pendidikan. Dan pada bagian ketiga, buku ini mencoba mengkaji sebuah bentuk penerapan pendidikan liberal di sekolah.
Buku Stevan M. Chan tersebut memaparkan pandangan pendidikan liberal tentang berbagai isyu penyelenggaraan pendidikan, yang dalam contohnya menggunakan pendidikan tinggi sebagai objek untuk member gambaran secara utuh. Berdasar pertimbangan tersebut, karya Stevan M. Chan disajikan dalam bentuk (saduran) seperti ini kepada pembaca. Sajian ini diharapkan dapat memberi ruang bagi aplikasinya di berbagai tingkatan pendidikan, baik formal maupun non formal. Selain itu sajian seperti ini akan terasa lebih dekat dengan kultur Indonesia yang tengah merintis jalan menuju masyarakat yang demokratis

Ditambah lagi dengan pengantar oleh DR. Abdul Munir Mulkhan sebagai kontekstualisasi gagasan, buku ini membuat pendidikan liberal menjadi tidak terlalu abstrak bagi para pembaca. Buku ini mudah dicerna bagi masyarakat Indonesia, tentu tidak aneh, sebab bagi masyarakat kita pendidikan adalah problem hidup yang dirasakan semua rakyat.

Tidak ada komentar: