jendela

Kamis, 15 November 2012

POLITIK PERDAGANGAN PEREMPUAN


Pengarang: ANDY YENTRIYANI
Penerbit: GALANG PRESS
Tahun: juli 2004
Halaman: 251 halaman
harga: 40.000
kontak: 085228391185

Isi buku:
Masalah perkawinan yang selama ini dikategorikan sebagai isu personal ternyata bukan semata-mata sebuah isu personal, tetapi juga sebagai isu sosial-politik. Ditingkat negara maupun dalam hubungan antar negara. Sebagaimana yang dianalisis buku ini, perkawinan antara perempuan indonesia dan laki-laki Taiwan ternyata hadir sebagai sebuah konsekuensi logis dari sistem dunia yang diwarnai oleh bau kapitalisme.
Karena adanya demand dan supply dengan logika kapitalisme itu, telah dimanfaatkan oleh sebagian orang sebagai lahan bisnis dengan modus “perkawinan transnasional” dengan menjadi perantara dalam modus perkawinan tersebut. Pada akhirnya perkawinan itu adalah wujud dari metode perdagangan perempuan (trafficking in women) yang sangat merugikan perempuan. Perempuan indonesia pasca pernikahan tetap menempati posisi subordinat, baik ditingkat relasi personal (antara perempuan dan laki-laki yang mempersuntingnya) dengan keluarga dan negaranya. Maupun dengan negara yang ditujunya.
Dengan menggunakan analisis jender, buku ini meneguhkan bahwa perempuan selalu menjadi pihak yang dikorbankan dalam lingkaran sistem kapitalisme dunia.

Tidak ada komentar: